Pengunjung

Website counter

Minggu, 22 Januari 2012

Keutamaan Bulan Ramadlan


Telah menaungi kami bulan yang agung dan musing yang mulya, bulan yang Allah mengagungkan pahala, memperbanyak pemberian, pintu-pintu kebaikan dibuka bagi yang mengharapkan, yaitu bulan Romadlon bulan yang banyak kebaikan, keberkahan, dan pemberian. "Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)". QS. Albaqoroh 185.

Bulan Romadlon adalah bulan yang dikelilingi oleh Rahmat, Ampunan dan Pembebasan dari api neraka. Permulaannya adalah Rahmat, pertengahannya ampunan (maghfiroh) dan akhirnya adalah selamat dari api neraka.

Banyak sekali hadis-hadis dan perkataan sahabat yang menjelaskan tentang keutamaan Bulan Romadlon. Dari Abu Huroiroh RA. Bahwasanya Rosulalloh SAW bersabda: "Apabila bulan Romadlon telah datang maka pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan para syetan di belenggu"

Pintu-pintu surga dibuka pada Bulan Romadlon hanya saja karena banyak amal-amal baik dibulan itu dan memberi kegembiraan terhadap yang melakukannya. Sedangkan pintu neraka ditutup karena sedikit kemaksiatan yang dikerjakan oleh orang yang beriman. Dan para syetan dibelenggu agar mereka tercegah untuk menggoda orang mukmin.

Dan Dari Abu Huroiroh RA. Bahwasanya Rosulalloh SAW bersabda: "Ummatku di beri lima perkara dalam bulan Romadlon sebagaimana tidak diberikan terhadap ummat sebelumnya: (1) Bau mulut orang berpuasa lebih wangi menurut Allah dari pada bau minyak misik (2) Para malaikat selalu membaca istighfar hingga waktu buka (3) Allah menghiasi surga setiap harinya seraya berkata: Para hambaku yang soleh hampir saja mereka mendapati kesukaran dan gangguan. (4) Para syaitan di bulan itu terbelenggu, mereka tidak bisa melepasnya padahal mereka bisa melepas di waktu yang lain (5) Allah SWT mengampuni mereka di setiap akhir malam.
Rosulallah SAW ditanya "Apakah itu pada malam Lailatul Qodar?"
Beliau menjawab "Tidak, seseorang yang melaksanakan amal ibadah dimalam itu akan dikaruniai pahala yang besar hingga ia selesai melakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar