Pengunjung

Website counter

Minggu, 22 Januari 2012

Indahnya akhlak Nabi Muhammad Saw.


Indahnya akhlak Nabi Muhammad Saw.
·         Setiap orang yang datang, beliau yang lebih dulu menyambutnya
·         Kalau orang sedang duduk beliau melarang bangun untuk menyambutnya
·         Jika ada orang yang ingin bersalaman maka beliau yang mengulurkan tangannya pertama kali dan tidak mencabutnya kecuali orang itu mencabut tangannya
·         Apabila ada sahabat yang ingin mencium tangan beliau maka beliau yang lebih dulu mencium tangan sahabat
·         Jikalau ada yang datang ke rumah Rosul tidak ada yang di introgasi berjam-jam, begitu masuk dan  duduk di rumah, beliau langsung mengeluarkan makanan dan minuman diperintah untuk dimakan dan minum baru ditanya ”ada keperluan apa?”
·         Kalau dipanggil ”Ya Rosulalloh” beliau tidak menengok hanya kepala, tapi akan tengok seluruh badannya dan memutar badan beliau
·         Kalau ada orang miskin yang memanggil beliau langsung memperhatikan
·         Kalau diganggu beliau tidak membalas
·         Diceritakan; Bahwa beberapa kali dan biasa dalam kehidupan rosul dilempar dengan kotoran dan diludahi, hingga suatu hari beliau bertanya kepada sahabat Bilal ”Ya Bilal dimana si fulan yang biasa melempari dan meludahi aku?” Bilal Menjawab ”Ya Rosulalloh mungkin sudah tiga hari ini ia sakit”, ”kalau begitu antarkan aku kerumahnya” Jawab Nabi. Diantarkan oleh bilal ke rumah orang tersebut dan bilal melihat orang itu terengah-engah hampir tidak sadar tidak ada satu orang pun yang merawatnya, ”Ya Bilal kamu datang kerumah Azzzhro’ (Fatimah) ambilkan makanan” kata Nabi. Bilal berlari dan membawa makanan yang ada, seketika itu juga Bilal melihat Nabi sedang memangku, membuka surban dan mengelap orang yang melemparinya dan meludahinya ditaruh didada Rosul yang wangi luar biasa, ”Cukup Ya Rosulalloh, biarlah aku” kata Bilal. Bilal menangis tidak kuat melihat prilaku Rosul kepada orang yang biasa melempari dan meludahinya ia dipangku diambil makanan dan disuapi oleh Rosul Saw.
Diceritakan; Seorang yahudiah (yahudi perempuan) buta yang biasa memaki Rosul Saw. setiap pagi memaki-maki didalam pasar hampir selama tiga tahun dan setiap sore disuapi oleh Rosul. Hingga suatu ketika Siti Fatimah menyuruh sahabat untuk memberi makanan kepada Yahudiah buta tersebut, ditanya oleh sahabat ”Bukankah dia yang biasa memaki ayahmu?”, ”Sudahlah engkau berikan makanan” jawab Fatimah. Setiap sore ia diberi makanan oleh sahabat, hingga dua hari ditanya oleh yahudiah tersebut ”Mengapa engkau biasa mensuapi aku dengan lemah lembut, kau basuh tanganku dan mukaku kadang-kadang kau wangi luar biasa tapi sekarang kau kasar, cepat-cepat mensuapi dan langsung lari, siapa kau ini?”. ”Maaf Nek, Yang biasa mensuapi engkau sudah tiga hari meninggal dunia” jawab sahabat. ”Siapa namanya? Aku sudah bertahun-tahun tidak tahu namanya,” . ”Namanya Muhammad Rosulalloh Saw.” jawab sahabat. Seketika itu juga menangis seorang yahudiah tadi seraya berkata ”Mengapa ia tidak katakan, aku disuapi hampir tiga tahun setiap pagi aku memaki-maki dan setiap sore beliau datang dan mensuapi aku”

1 komentar:

  1. artikel agan mengugah semangat,
    semoga kita bisa meneladani akhlaq
    Rosullillah SAW. karena keteladanan biliaulah kita bisa membedakan prilaku negatif dan positif

    BalasHapus