Pengunjung

Website counter

Minggu, 22 Januari 2012

Islam Totalitas


"Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan"

Menurut penjelasan sebagian ahli tafsir bahwa khitob (sasaran) untuk menjalankan syariat islam bukan hanya ditujukan pada orang islam saja, melainkan juga pada golongan ahli kitab, sebagaimana telah disebutkan dalam kitab taurat agar supaya mereka beriman kepada Allah SWT dan melaksanakan syariat islam yang telah dibawa oleh nabi Muhammad SAW.

Masuk islam secara kafah yaitu melaksanakan semua hukum-hukum syariat tanpa memilah-milah satu dengan yang lainnya dan meninggalkan apa yang dilarang oleh syariat. dalam artian tidak mengambil yang selera dengan nafsu dan membuang jauh-jauh yang bertentangan dengannya.

Termauk syariat yang dibawa oleh nabi yaitu Thoharoh (bersesuci), Shalat, Zakat, Puasa, Haji, Mu'amalah, Nikah, Jihad, Jinayat, Faroid, dan lainnya. Sebagai orang islam wajib hukumnya melaksanakan semuanya tanpa sebagian-sebagian dan atau meninggalkan yang lainnya.

Banyak sekali dijumpai di masyarakat sekarang yang menganggap islam hanya di masjid, di luar masjid tidak ada islam, ini mereka laksanakan tanpa disadari. Contoh kecil: Mu'amalah (transaksi) kita sehari-hari yang tidak sesuai dengan tuntutan syariah seperti mengurangi timbangan, jual beli yang tidak sah, mem-bunga-kan uang, perekonomian yang liberal, sehingga tidak bisa di bedakan mana harta yang halal dan haram.

Munculnya Bank-bank Syari'ah di Indonesia yang notebene menjalankan perekonomian syariah melalui akad dan transaksi yang sah, itu masih belum tercafer pada masyarakat luas. Meskipun Indonesia merupakan negara mayoritas islam terbesar di dunia. Tapi realitanya, masih banyak kita temui masyarakat yang tidak menjalankan islam dengan seutuhnya.

Kalau begitu ini tugas siapa???

Alhasil, islam bukan hanya di masjid, musollah atau lembaga pendidikan. tapi di seluruh tempat harus ada islam di pasar, jalan, kantor, sawah dan lainnya. Selagi kita masih hidup wajib hukumnya menjalankan islam dan menjauhi semua larangannya secara keseluruhan, agar kita bisa hidup tenang dan sejahtera di dunia apalagi di akhirat nanti.Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar